KEMAHASISWAAN DAN ALUMNI

TRACER STUDY PRODI S1 ILMU KEOLAHRGAAN

 

1) organisasi, 2) metodologi, 3) instrumen, 4) penilaian, 5) evaluasi, dan 6) pemanfaatan hasil studi.

 

Program Studi S1 Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta selama ini telah menghasilkan lulusan lebih dari 1000 mahasiswa dari berbagai daerah yang tersebar dari dalam negeri maupun luar negeri. Banyak profesi yang di geluti oleh alumni,  menurut penelusuran tracer study alumni antara lain guru, wiraswasta, polisi, TNI, PNS, pengusaha maupun dosen. Pada saat mereka selesai menempuh studi S1 Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta yang status saat ini sudah memiliki pekerjaan baik menjadi pegawai, guru, wiraswasta, PNS ataupun dosen baik di Universitas negeri maupun swasta. Status pekerjaan ini bisa di identifikasi yang artinya memudahkan program studi untuk melakukan pelacakan terhadap alumni secara lebih dini, mengingat para lulusan sudah memiliki tempat kerja tetap Program Studi S1 Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta juga melakukan pelacakan alumni yang dilakukan dengan sistem sebagai lain diantaranya:

  • Secara organisasi

Pelacakan alumni Program Studi S1 Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta dikoordinasikan oleh Koordinator Program Studi S1 Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta yang dibantu oleh dosen dan staf administrasi Program Studi S1 Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta dengan prosedur sebagai berikut: perencanaan, penyusunan instrumen, pelaksanaan, analisis hasil pelacakan, dan penggunaan. Adapun prosedur pelacakan secara organisasi dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • metodologi

Pertama, perencanaan dilakukan dalam sebuah rapat untuk menentukan sampel yang akan dijaring datanya.

Kedua, penyusunan instrumen dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan perangkat (instrumen) yang dianggap paling efektif dan efisien dalam menjaring data. Pada tahun ini pelacakan dilakukan dengan bantuan perangkat lunak (survey.uny.ac.id) dengan penngoptimalan penyebaran informasi dengan memanfaatkan media sosial (Whatsapp Group Alumni) sebagai media penyebarannya.

Ketiga, analisis dilakukan secara otomatis oleh aplikasi yang terdapat pada Web (survey.uny.ac.id) 

Keempat, data yang didapat dilakukan analisis yang nantinya akan dipergunakan untuk membuat kebijakan-kebijakan pada Program Studi S1 Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.

  • Instrumen

Ada dua instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data, yaitu kuesioner dan dokumen. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data tentang kepuasan pengguna, sedangkan dokumen digunakan untuk mengumpulkan data tentang kesesuaian pekerjaan alumni dengan bidang kajian program studi. Butir- butir pertanyaan yang ada pada kuesioner yang masuk dalam kisi-kisi angket adalah pertanyaan yang akan mengungkap tentang: (1) etika, (2) kemampuan pada bidang ilmu, (3) kemampuan berbahasa asing, (4) penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, (5) kemampuan berkomunikasi, (6) kerjasama tim, dan (7) pengembangan diri. Data tentang kesesuaian bidang dengan pekerjaan diperoleh dari pelacakan tracer study yang aplikasinya dimiliki oleh Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta (LPMPP UNY), berkas-berkas pendaftaran calon mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta, terutama mencari form tentang data diri dan pekerjaan calon mahasiswa. Dalam form tersebut terdapat identitas diri mahasiswa beserta pekerjaan calon mahasiswa saat akan mendaftar.

  • Penilaian

Data yang terkait dengan kepuasan pengguna alumni yang disebar kuesionernya kepada stakeholder / pengguna lulusan Program Studi S1 Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta menunjukkan bahwa pengguna atau stakeholder memberikan penilaian sangat baik untuk semua aspek dan penyebaran nilai rata-rata seimbang. Hasil tracer pengguna aluni rata-rata puas akan kinerja Alumni Program Studi Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta seperti etika, kemampuan bidang ilmu, dan kemampuan berkomunikasi pengguna memberikan penilaian yang sangat baik. Bahkan, untuk penguasaan teknologi informasi para alumni banyak yang diandalkan untuk membina guru lain dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Demikian pula untuk kerjasama tim, sejumlah alumni ditempatkan sekolah sebagai koordinator berbagai kegiatan sekolah. Untuk pengembangan diri, alumni sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan maupun seminar yang di lakukan oleh Fakultas Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan pada khususnya dan Universitas Negeri Yogyakarta pada umumnya dan alumni sangat antusias dalam mengikuti sejumlah agenda kegiatan ilmiah baik pelatihan maupun seminar.

  1. Evaluasi

Data yang di peroleh dari tracer study, kuesioner, maupun dari berkas administrasi alumni menunjukkan bahwa rata-rata alumni mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta rat-rata menjadi instruktur kebugaran, pelatih fisik, terapi fisik, guru ataupun dosen yang sudah mengajar baik di sekolah atau Universitas negeri maupun swasta. Hal ini menunjukan bahwa bidang kerja alumni sangat sesuai dengan output yang telah ditentukan oleh Program Studi S1 Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta yaitu menjadi praktisi di bidang keolahragaan.

  1. Pemanfaatan hasil studi

Dari hasil tracer ini sejumlah program dirancang untuk meningkatkan mutu dan kualitas lulusan Program Studi S1 Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta diantaranya adalah pemberian mata kuliah non-sks untuk bahasa Inggris yang di buktikan dengan lulus skor ProTEFL dengan skor minimal 425, memberikan tanggung jawab penyelenggaraan kegiatan akademik kepada mahasiswa, dan menerapkan kewajiban mengikuti kegiatan akademik nasional dan internasional sebagai syarat kelulusan. Pengembangan kemampuan kerjasama tim, Program Studi S1 Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta mengambil kebijakan bahwa penyelenggaraan kegiatan akademik yang diselenggarakan oleh Program Studi S1 Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta dilakukan oleh mahasiswa dengan melibatkan semua angkatan. Dengan pelibatan banyak alumni ini diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan kerja sama tim mereka secara maksimal. Ini terutama benar karena mereka akan terlibat dalam kegiatan-kegiatan seperti itu lebih dari dua kali. Kegiatan yang mencakup PKKMB, PKL di dalam maupun luar negeri. Sementara untuk pengembangan diri, selain keterlibatan mereka dalam penyelenggaraan kegiatan-kegiatan akademik, mahasiswa juga diwajibkan untuk mengikuti kegiatan non akademik. Mereka setidaknya harus melibatkan mereka di kegiatan akademik baik sebagai pembicara maupun sebagai peserta, mereka akan memperoleh bekal ilmu dan pengalaman.

Hasil Survey pelacakan lulusan dapat diakses pada web program studi Ilmu Keolahragaan (http://s1ikor.fik.uny.ac.id) dan di pergunakan oleh Prodi Ilmu Keolahragaan untuk bahan perbaikan kurikulum sesuai kebutuhan di masyarakat dan perkembangan zaman.

 

Waktu Tunggu Lulusan

Tabel  Waktu Tunggu Lulusan Program Sarjana

No.

Tahun Lulus

Jumlah Lulusan

Jumlah Lulusan yang Terlacak

Jumlah Lulusan Terlacak dengan Waktu Tunggu Mendapatkan Pekerjaan

WT < 6 bulan

6 ≤ WT ≤ 18 bulan

WT > 18 bulan

1

2

3

4

5

6

7

1

TS-4

56

32

25

7

0

2

TS-3

33

19

14

5

0

3

TS-2

60

35

31

4

0

Jumlah

149

86

70

16

0

 

Kesesuian Bidang Kerja

Data kesesuaian/relevansi keahlian dengan bidang kerja lulusan saat mendapatkan pekerjaan pertama dalam 3 tahun, mulai TS-4 sampai dengan TS2.

 

Tabel  Kesesuaian Bidang Kerja Lulusan

No

Tahun Lulus

Jumlah Lulusan

Jumlah Lulusan yang Terlacak

Jumlah lulusan Terlacak dengan
Tingkat Kesesuaian Bidang Kerja

Rendah

Sedang

Tinggi

1

2

3

4

5

6

7

1

TS-4

56

32

2

4

26

2

TS-3

33

19

3

6

10

3

TS-2

60

35

3

5

27

Jumlah

149

86

8

15

63

 

Keterangan:

  1. Jenis pekerjaan/posisi jabatan dalam pekerjaan tidak sesuai atau kurang sesuai dengan profil lulusan yang direncanakan dalam dokumen kurikulum.
  2. Jenis pekerjaan/posisi jabatan dalam pekerjaan cukup sesuai dengan profil lulusan yang direncanakan dalam dokumen kurikulum.
  3. Jenis pekerjaan/posisi jabatan dalam pekerjaan sesuai atau sangat sesuai dengan profil lulusan yang direncanakan dalam dokumen kurikulum.

 

  • NL = Jumlah lulusan program studi dalam 3 tahun (TS-4 s.d. TS-2).
  • NJ = Jumlah lulusan program studi dalam 3 tahun (TS-4 s.d. TS-2) yang terlacak. BS1 = Jumlah lulusan terlacak dengan kesesuaian bidang kerja rendah.
  • BS2 = Jumlah lulusan terlacak dengan kesesuaian bidang kerja sedang
  • BS3 = Jumlah lulusan terlacak dengan kesesuaian bidang kerja tinggi

 

Kepuasan Pengguna Lulusan

 

Data hasil pengukuran kepuasan pengguna lulusan berdasarkan aspek-aspek: 1) etika, 2) keahlian pada bidang ilmu (kompetensi utama), 3) kemampuan berbahasa asing, 4) penggunaan teknologi informasi, 5) kemampuan berkomunikasi, 6) kerjasama dan 7) pengembangan diri, dengan mengikuti format Tabel 6 dan Tabel 7. Data diambil dari hasil studi pelacakan lulusan. Penilaian diberikan oleh pengguna lulusan bagi lulusan program studi yang lulus pada saat TS-4 s.d. TS-2.

Tabel Responden Pengguna Lulusan

No.

Tahun Lulus

Jumlah Lulusan

Jumlah Responden Pengguna Lulusan

Jumlah Lulusan yang Dinilai oleh Pengguna

1

2

3

4

5

1

TS-4

56

20

20

2

TS-3

33

18

18

3

TS-2

60

27

27

Jumlah

149

65

65

 

Keterangan:

NL = Jumlah lulusan program studi dalam 3 tahun (TS-4 s.d. TS-2).

NR = Jumlah responden pengguna lulusan yang memberikan tanggapan atas studi pelacakan lulusan program studi dalam 3 tahun (TS-4 s.d. TS-2).

NJ = Jumlah lulusan program studi dalam 3 tahun (TS-4 s.d. TS-2) yang dinilai oleh pengguna.

Tabel Tingkat Kepuasan Pengguna

No

Jenis Kemampuan

Tingkat Kepuasan Pengguna
(%)

Rencana Tindak Lanjut oleh UPPS/PS

Sangat Baik

Baik

Cukup

Kurang

1

2

3

4

5

6

2

1

Etika

84.62

15.38

0.00

0.00

Memasukkan ketrampilan etika di perkuliahan, sehingga pemahaman tentang etika dalam kegiatan sehari-hari dan dalam dunia kerja dapat teraplikasi dengan baik

2

Keahlian pada bidang ilmu (kompetensi utama)

78.46

21.54

0.00

0.00

Melakukan pendalaman dalam kompetensi keahlian utama dalam perkuliahan

3

Kemampuan berbahasa asing

35.38

43.08

21.54

0.00

memberikan pendampingan khusus pada mahasiswa yang belum baik kemampuan bahasa inggrisnya

4

Penggunaan teknologi informasi

75.38

21.54

3.08

0.00

Penerapan penggunaan teknologi dan penguasaan teknologi dalam proses perkuliahan

5

Kemampuan berkomunikasi

72.31

21.54

6.15

0.00

Menerapkan pembelajaran komunikasi aktif dalam proses perkuliahan

6

Kerjasama

81.54

16.92

1.54

0.00

Menerapkan penyelesaian permasalahan baik dengan kelompok kecil maupun kelompok besar dintegrasikan dalam proses perkuliahan

7

Pengembangan diri

75.38

24.62

0.00

0.00

Pemahaman pentingnya pengembangan diri baik dalam studi lanjut maupun karir dalam berkerja dalam perkuliahan

Jumlah

 

 

 

 

 

Total : 65 responden