PUNCAK ACARA DIES NATALIS KE- 66 FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN

FIK UNY memasuki usia 66 Tahun pada 1 Oktober 2017. Sebagai lembaga pendidikan tinggi keolahragaan, FIK secara akademik selalu berupaya menghasilkan lulusan, penelitian, dan pengabdian masyarakat sesuai perkembangan jaman, sesuai visinya untuk menjadi lembaga pendidikan tinggi keolahragaan terkemuka di tingkat ASEAN pada tahun 2019 dan di tingkat dunia pada tahun 2025 berlandaskan Akhlak mulia, Kolaboratif, Toleran, Inovatif, dan Visioner (AKTIV). Tahun ini, perayaan puncak Dies Natalis FIK UNY yang ke-66 tahun ini ditandai dengan berbagai agenda dari senam massal sivitas akademika FIK UNY, Rapat Senat Terbuka dengan agenda tunggal Upacara Dies Natalis, pertandingan sepakbola persahabatan dosen/ staf FIK UNY dengan alumni dan wartawan, dan seminar internasional Yogyakarta International Seminar on Health, Physical Education, and Sport Science (YISHPESS 2017) pada 14 Oktober mendatang.

Upacara Dies Natalis FIK UNY diawali dengan Laporan Tahunan Dekan FIK UNY, Prof. Dr. Wawan S. Suherman, M.Ed. di mana selama Oktober 2016 hingga September 2017 telah melaksanakan program kerja dari bidang penelitian dan pengajaran, kondisi SDM FIK UNY yang terrinci dalam daftar urutan kepangkatan dan pendidikan dosen dan staf tenaga kependidikan, bidang umum, administrasi, keuangan, bidang kemahasiswaan, serta bidang kehumasan dan kerjasama.

Rektor UNY, Prof .Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd., dalam sambutannya turut mengucapkan selamat dan sukses kepada Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta dan berharap sivitas akademika FIK UNY terus meningkatkan kualitas dan kuantitas riset, pendidikan dan pengajaran, prestasi kemahasiswaan, dan jurnal yang berkualitas. Rektor UNY menyatakan bahwa dalam capaian prestasi internasional mahasiswa FIK khususnya, tidak lepas dari empat aspek yang meliputi aspek psikologi, pedagogi yang mencakup kaidah didaktik- metodik dalam melatih atlit, aspek manajemen keolahragaan yang baik, dan aspek Iptek dalam menunjang atau memfasilitasi best practices dalam dunia olahraga yang diwujudkan dalam prestasi. Dalam kesempatan itu, Rektor UNY memberikan penghargaan kepada Prima Wisnu Wardana (mahasiswa PJKR FIK UNY) yang menjuarai panahan nomor compound pada SEA Games lalu berupa pembebasan UKT (Uang Kuliah Tunggal) dan menginisiasi UNY untuk mengundang para praktisi yang sukses prestasi internasional untuk menjadi dosen tamu seperti dalam bidang olahraga, seni, dan  sebagainya.    

Budi Widayanto, S.Pd., alumni FIK UNY dan juga pelatih panahan (Perpani) yang menghantarkan Prima Wisnu Wardana (mahasiswa PJKR FIK) meraih medali emas pada SEA Games 2017 di Malaysia Agustus lalu sebagai orator ilmiah. Budi menegaskan bahwa menjadi pelatih yang sukses tidak lepas dari peran organisasi keolahragaan, orangtua atlit, pelatih, sarpras yang baik, lingkungan yang mendukung. Lebih lanjut, Budi menambahkan bahwa menjadi pelatih memerlukan kompetensi, totalitas, niat yang ikhlas serta bersabar dalam membina atlet mampu mempersembahkan prestasi internasional. Upacara Dies Natalis FIK dilaksanakan di Ruang Sidang Utama Lt. III GPLA dan turut dihadiri Ketua Umum KONI DIY, Direktur Utama Kedaulatan Rakyat, dan mitra kerja lain seperti Disdikpora DIY dan kepala cabang bank- bank mitra. (SP27)